Privat les IELTS di Pare

Halo semua. Udah lama nih gak menyinggung tentang IELTS dan serba-serbinya. Jadi ada beberapa orang yang japri saya lewat sosial media dan menanyakan tempat les IELTS saya dulu. Daripada saya jealsin satu-satu lebih baik dijadikan postingan blog agar lebih banyak yang membaca ya. Jadi, dulu sya les IELTS secara privat di dua tempat yaitu di Pare, Kediri dan di Jatinegara, Jakarta. Saya bahas yang di Pare karena yang di Jatinegara sudah tutup, pengajarnya mudik ke United Kingdom.

Untuk yang belum pernah ke Pare, saya kasih gambaran dulu tetang Pare ya. Ini adalah sebuah kecamatan di Kediri di mana banyak sekali lembaga yang membuka tempat belajar bahasa inggris. Hal ini bisa dibuktikan ketika mengetik kampung inggris pare di search engine website. Puluhan situs tempat les bahasa inggris akan bermunculan dan IELTS menjadi salah satu materi yang ditawarkan. Saya sarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan tempat les untuk lebih meyakinkan dan tidak sia-sia waktu, uang, dan tenaga yang terbuang.

Di Pare saya les ke beberapa orang secara privat tergantung subjeknya biar lebih fokus. Untuk writing sendiri saya memilih les di dua tempat dan salah satunya ke Alex Candra. Bisa dibilang dia satu angkatan sama saya di kampus dulu cuma di Pare udah jadi guru les IELTS. Ikut kelasnya terbilang sebuah tantangan untuk saya karena kabarnya dia disiplin banget sama muridnya tapi saya gak punya pilihan lain daripada gagal dapat nilai IELTS yang ditargetkan. Nah kebetulan karena listening saya sudah bagus, saya join kelasnya di section writing, speaking, dan reading. Saya bahas nih satu-satu tentang les bareng beberapa teman dengan Alex Candra.

Salah satu nilai untuk seorang teman
1. Writing
Saya prefer cara ngajar Alex yang "sedikit" kuno sama muridnya. Kita diajarin dasar ilmu nulis tapi bukan grammatical ya. Jenis-jenis tipe teks dan bagaimana konsep mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris secara akademik yang terstruktur. Jujur aja, menurut saya agak susah untuk menulis dalam bahasa Inggris agar tidak hanya enak dibaca tapi benar secara academic writing. Setelah dapat semua ilmunya, Alex gak akan nyuruh kita paraphrase soal tapi bagaimana kita eksplor pengetahuan kita seputar topik soal dan menuliskannya. Ini agak ribet diawal tapi pada akhirnya saya pakai sampai sekarang kuliah kalau ngerjain tugas Essay. Serunya, walaupun Alex itu jadwalnya padat merayap dia akan koreksi essay kita satu persatu dan perkalimat. Saya suka maksa dan nungguin dia sampai essay saya dikoreksi. Makan waktu sih tapi bermanfaat sekali!

Untuk dua materi ini saya lesnya bareng sama banyak anak atau gabung di tempat Alex ngajar atau di Global English. Personally, saya les di sana ya karena yang ngajar Alex.

2. Reading
Alex banyak kasih tips dan latihan ngerjain soal reading ke muridnya dan ini bermanfaat banget untuk mencuri nilai di IELTS. Dia menekankan untuk kerja cepat di reading untung menghemat waktu jadi bisa double check. Kebetulan cara saya sama seperti Alex dengan lihat pertanyaan dulu baru bacaannya dengan mencari keyword.

3. Speaking
Metode Alex di speaking hampir sama seperti di section lain karena dia selalu menjelaskan semua bagian IELTS itu secara detail di awal pertemua. Jadi sebagai siswa kita gak gagap pengetahuan tentang scoring. Saya paling semangat waktu kelas speaking karena jawaban saya selalu dibilang sampah sama dia dan emang bener waktu itu saya rekam dan dengerin ulang suara saya. Ya memang sampah ternyata. Dia sangat objektif kalau menilai murid dan benar-benar seperti simulasi di tempat tes IELTS. Mental breakdown nya dapet tapi bermanfaat untuk persiapan untuk yang belum pernah tes IELTS karena Alex akan kasih nilai setiap latihan yang bermanfaat untuk mengetahui seberapa pesat perkembangan kita.

"Gak ada cara lain untuk mendapatkan nilai IELTS yang kita mau selain berusaha lebih dan tekun, InsyaAllah hasilnya pasti setimpal dengan usaha kita," Alex Candra.

Overall, saya merekomendasikan Alex karena menurut saya dia gak cuma jadi guru les tapi juga bener-bener niat ngebantu agar kita bisa paham dan ngerti konsep dasar dan aplikasinya. Catetan les IELTS sama Alex bahkan saya wariskan ke adek saya untuk belajar saking lengkapnya. Banyak buku dan tempat les yang mengajarkan cara berbeda. Mau pakai cara siapa dan bagaimana, selama kita nyaman dan yakin maka hasilnya akan sesuai dengan usaha yang sudah kita lakukan.

Saya selalu ingat waktu sebelum tes IELTS, dia whatsapp saya kasih semangat dan yakin kalau saya bisa dapet nilai yang saya mau padahal saya udah pasrah karena kalau saya gagal maka saya harus cari uang lagi untuk tes. Oh iya ini bukan promosi berbayar ya. Saya cuma mau kasih tau tempat les terjangkau untuk mahasiswa yang mau tes IELTS dan bagus aja. Tusind tak Alex!

Untuk menghubungi Alex bisa melalui email alex.candra15@gmail.com

Tulisan lainnya
1. Selayang Pandang IELTS
2. Pare, sebuah kecamatan di Kediri

Comments

Popular posts from this blog

1 Tahun di Eropa

Mudahnya Pinjam Buku di Denmark