Pasar Organik di Warsawa

Saya menghabiskan waktu summer tahun 2017 ini di Warsawa, ibu kota Polandia, mengikuti kegiatan summer school tentang 'Sustainable Food Systems & Diets' selama dua minggu. Salah satu tugasnya adalah melihat dan mengamati tentang sebuah Pasar Organik di Warsawa, Biobazar.

Sebelum masuk ke Biobazar
Biobazar sudah ada sejak enam 6 tahun lalu yang diinisiasi oleh non government organization yang peduli dengan makanan organik. Bazar ini terletak beberapa tempat dan saya berkunjung ke Zelazna 51/53, Warsawa. Kalau kata dosenku, Dominika, itu adalah the bigest market with organic food in Warsaw. Saya dan teman-teman datang sekitar pukul 10 pagi dan menjelajahi semua tempat. Ada 5 hall yang disusun tidak berdasarkan kategorisasi (mixed categorisation). Di sana tidak hanya ada penjual makanan seperti sayuran, buah-buahan, keju, kopi saja. Ada juga yang menjual make up dan lilin organik.







Favoritku adalah lilin organik karena sisa pembakaran lilin dapat digunakan sebagai lotion. Harganya tidak terlalu murah, 35 zloty, karena meskipun dibuat dengan produksi rumahan di Polandia bahan bakunya diimpor dari Amerika.


Beberapa spot makan

Seorang petugas, Ania Bednarska, menjelaskan bahwa pedagang yang berjualan di sini mayoritas memiliki sertifikat organik yang berarti no genetic modification (GMO) and certified products. Berdasarkan observasi dan informasi dari Ania, tidak semua barang yang dijual itu bersertifikat. Namun, penjual tidak akan berpura-pura. Mereka akan dengan jujur bilang kalau barangnya tidak bersertifikat karena semua barang yang bersertifikat pasti memiliki label di kemasannya. Pedagang yang ingin berjualan dapat menghubungi kantor Biobazar.

Pusat informasi Biobazar

Denah lokasi toko di Biobazar yang hanya ada di pusat informasi
Kantornya mudah ditemui karena terletak di depan sebelah kanan setelah pintu masuk. Petugas tidak dapat memberikan informasi berapa biaya sewa tempatnya perbulan namun yang jelas, penjual membayar biaya sewa perbulan di Biobazar.




Biobazar ini buka setiap tiga hari dalam seminggu yaitu hari Rabu (10.00 am - 06.00 pm), Jumat (04.00 pm - 08.00 pm), dan Sabtu (08.00 am - 04.00 pm). Jam bukanya berbeda-beda tergantung hari bukanya. Saya menemukan banyak hal menarik ketika mengunjungi Biobazar yang diabadikan melalui foto. Kalau mau tau detailnya gimana, ngobrol bareng yuk. Dzięki!

Comments

Popular posts from this blog

Privat les IELTS di Pare

1 Tahun di Eropa

Mudahnya Pinjam Buku di Denmark