Selayang pandang IELTS

Sebelumnya beberapa bulan yang lalu saya pernah posting tulisan mengenai contoh jawaban pada writing IELTS khususnya task II. Nah, pada posting kali ini saya akan menjelaskan mengenai IELTS dengan lebih jelas lagi dengan tambahan memilih tempat les untuk belajar IELTS.

IELTS adalah kepanjangan dari International English Language Testing System yang dimiliki oleh tiga organisasi yaitu IDP:IELTS Australia, the British Council dan Cambridge English Language Assessment. Sejauh ini dan yang saya tau ada beberapa jenis IELTS yaitu general, academic, dan UKVI. Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di website berikut ini:

1. IDP
2. British Council

Kalau kalian sudah familiar dengan tes TOEFL saat kuliah, nah IELTS itu berbeda dengan TOEFL karena TOEFL itu lebih ke American english sementara IELTS lebih ke British english. Penilaiannya pun juga berbeda lho. Score di IELTS disebut band score yang nilainya adalah range dari 0 sampai 9. Biasanya untuk melanjutkan pendidikan jenjang master  kandidat memilih IELTS academic dan dibutuhkan band score minimum 6 yang tergantung dari universitas serta jurusan yang dipilih. Untuk social science biasanya nilai yang diminta adalah 7 overall.


Contoh IELTS requirement di Imperial Collage London
Setiap jurusan memiliki standar yang berbeda. Jurusan Human Nutrition misalnya hanya membutuhkan 6.5 overall dengan 6 untuk setiap aspeknya. Jadi band score-nya minimal 6.5 dengan nilai minimal 6 pada listening, reading, writing, atau speaking. Misalkan overall nya 6.5 namun ada satu nilai yang 5.5 maka harus mengulang IELTSnya. Kasus ini banyak terjadi pada teman-teman saya. Contohnya:

Listening 6
Reading 8.5
Writing 5.5
Speaking 6
Overall 6.5

Kasus ini ada yang nilainya 5.5 jadi harus mengulang IELTS agar memenuhi requirement universitas tujuan. Score di atas adalah salah satu contoh dari banyaknya curhatan teman-teman saya yang nilai IELTSnya kurang 0.5 atau tidak sesuai dengan target. Nah, bagaimana agar target kita terpenuhi? Menurut saya, yang baru belajar IELTS sejak Januari 2015 (jangan terlalu dipercaya karena baru 1x tes), kita harus tau tentang IELTS terlebih dahulu baru latihan soal atau scoring. Waktu mahasiswa saya sudah kenyang dengan TOEFL dan menerapkan cara belajar yang salah yaitu ngerjain soal TOEFL terus.


Standard requirements

Kenali tiap bidang tesnya dengan cermat dan penuhi karakteristik tiap band score nya!

Contoh band score speaking | source: https://www.idp.com/indonesia/ielts
Menurut pengalaman seumur jagung saya, kalau listening dan reading itu yang paling bisa dikejar band score nya dalam waktu singkatspeaking dan writing itu butuh proses. Namun, kembali lagi pada tiap individu karena menurut saya "tidak ada yang tidak mungkin kalau ada niat dan usaha".

Contoh band score writing IETS task 1 source: https://www.idp.com/indonesia/ielts

Contoh band score writing IETS task 2 source: https://www.idp.com/indonesia/ielts

IELTS di Indonesia
FYI, animo orang Indonesia cukup besar untuk IELTS. Pengalaman pribadi saya, untuk tes di bulan April 2015, saya sudah bayar di bulan Januari akhir 2015. Jadi, pastikan tanggal tes kamu dan jangan sampai kehabisan kuota tes. Biayanya sekitar $205 dan tiap lembaga menawarkan harga yang tidak jauh berbeda. Masing-masing lembaga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Mau tes IELTS? Bisa klik di link di bawah ini untuk cek kuota peserta tes yang tersedia. 
1. IDP
Ada di 37 kota di Indonesia
Ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar
Ada di Jakarta, Surabaya, Bali (Tempat lesnya, namun tempat tesnya cukup menjangkau seluruh wilayah di Indonesia)

Di mana les nya?
Saya dulu les di Pare, Kediri selama 2 bulan dan 1 bulan di Jakarta belajar dengan study group di UI. Teman-teman juga dapat mengikuti bimbingan IELTS di 3 lembaga di atas.
Kalau yang di Jakarta mungkin bisa ke LBI UI karena harganya terjangkau namun ada periode waktu pendaftaran sehingga tidak setiap hari dibuka kelas baru.

Jadi kalau sudah tau apa itu IELTS, tau kemampuan pribadi dengan ujian IELTS mandiri (band score awal) maka saatnya menentukan strategi agar dapat mencapai nilai yang diinginkan, eksekusi strategi dan ujian IELTS.

Selamat berjuang scholarship hunter!

Comments

Popular posts from this blog

Privat les IELTS di Pare

1 Tahun di Eropa

Mudahnya Pinjam Buku di Denmark