EU Scholarship Day 2015

Sabtu (9/5/2015) lalu aku pergi ke acara Europe Union Scholarship Day 2015 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Mungkin artikel ini bisa sedikit membantu untuk para pencari beasiswa yang tidak kebagian tiket ke acara tersebut. Untuk mendapatkan tiket di acara ini sangat mudah karena peserta cukup mendaftar secara online di link yang disediakan. Proses registrasinya pun mudah karena hanya perlu menunjukkan e-mail balasan dari penyelenggara yang print atau cukup menunjukkan dari layar screen gadget pengunjung. Mudah kan?
Pukul 07.30 WIB aku sudah sampai di venue dan ternyata sudah ada 560 orang pengunjung yang sudah menempati kursi di ballroom. Sebagai apresiasi panitia, 10 pengunjung pertama dan 5 orang pengunjung yang berasal dari luar kota mendapatkan goodie bag. Acara mulai tepat waktu pukul 09.00 dengan pidato pembukaan oleh perwakilan Uni Eropa. Beliau menyebutkan bahwa "knowledge is power". Beliau sangat senang bahwa acara ini bisa diselenggarakan ke-dua kalinya di Indonesia melihat kenyataan bahwa terjadi peningkatan sebesar 20% pelajar yang belajar di Eropa.

Acara selanjutnya adalah presentasi dari LPDP. Pastinya hampir semua orang tau LPDP. Kalau yang belum tau, LPDP merupakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Selengkapnya bisa di cek di sini. Menurutku, LPDP itu seperti secercah harapan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya diluar. Kriteria seleksinya pun agak berbeda dengan jenis beasiswa lainnya di mana sesama pelamar itu bersaing. Dalam LPDP pelamar dinyatakan sebagai awardee jika memenuhi kriteria penilaian dari LPDP. Kemarin sabtu, pihak LPDP yang diwakilkan oleh Bapak Muhammad Iqbal Pirzada menyampaikan bahwa, "LPDP mencari kandidat yang memiliki visi hidup yang kuat dan dalam memilih kampus serta jurusan juga yang mendukung visi hidup peserta."

Tahun 2013 LPDP memberikan beasiswa pada 1.555 awardee dari 20.560 pelamar dan jumlahnya meningkat menjadi 3.025 awardee dari 33.667 pelamar. LPDP tidak mematok pada kuota namun target penerima beasiswa. Banyak pertanyaan yang muncul dari peserta mengenai beasiswa ini. Bahkan, Astri, mba kerudung merah sebelah saya, hari senin besok mau wawancara LPDP. Yang paling menarik dari beasiswa ini menurutku adalah awardee yang sudah selesai program magister (dengan catatan: tidak memiliki catatan hitam) dapat langsung melanjutkan ke jenjang doktoral tanpa melalui proses seleksi lagi. Ketentuan ini dapat berlaku jika awardee melanjutkan pendidikannya tidak lebih dari 6 bulan setelah lulus program magister. 

Acara selanjutnya adalah presentasi dari Kedutaan Besar Inggris tentang program beasiswa CHEVENING. Infonya bisa didapatkan memlalui link berikut. Saat presentasi Uni-Italia kebetulan aku gak ikut jadi maaf ya gak bisa share infonya. Berikut ini adalah link untuk memudahkan pencari beasiswa dalam memilih kampus serta jurusan yang aku kelompokkan per-negara:
  • Campus France
Beasiswa EIFEL: biasanya periode apply nya itu 26 September sampai 1 Desember
Beasiswa TOTAL untuk bidang teknik, sosial, ilmu ekonomi, dan hukum
GDF Suez untuk pertambangan dan energi
Beasiswa Exellent Major untuk siswa sekolah Perancis
BGF-CoFinance: beasiswa kerjasama Indonesia dan Perancis

Untuk info lebih lanjut dapat diakses di Facebook atau Twitter karena pendaftaran hanya ada di Campus France. Untuk info beasiswa ada di sini.
  • Jerman
Info bisa dilihat di sini
  • Nuffic Neso Belanda
Di Belanda ada dua jenis universitas yaitu research university dan life science university. Fokus kedua universitas ini berbeda karena research  lebih fokus pada penelitian dan universitas ini cocok untuk yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya dan life science lebih practical aplication. Untuk memudahkan mencari jurusan dan kampus mungkin situs ini bermanfaat dan di sini untuk program scholarshipnya. Banyak beasiswa yang dapat dicoba jika ingin melanjutkan studi ke Belanda diantaranya:
Stuned
NFP
Orange Tulip Scholarship
Holland Scholarship
  • Swedia
Website yang bisa dikunjungi ada di sini. Di Swedia terdapat Persatuan Pelajar Indonesia atau PPI yang memberikan informasi bagaimana keadaan di sana. Untuk apply universitas bisa di langsung menunjunggi situs www.universityadmissions.se atau kalau yang mau bekerja bisa juga buka situs www.work.sweden.se. Informasi lengkap bisa didapatkan di kantor kedutaan besar Swedia di Jakarta atau bisa dipantau informasinya melalui media sosial Facebook dan Twitter.
  • Hungaria
Duta besar Hungaria sendiri yang mempresentasikan materi mengenai sekolah di Hungaria. Ms. Judit Nemeth-Pach banyak berbicara mengenai pendidikan di Hungaria. Info lebih lanjut bisa menghubungi Embassy of Hungary.
  • Polandia
Walaupun Polandia memiliki bahasa yang menurut beberapa orang merupakan bahasa tersulit di dunia ini namun, masih banyak universitas yang menggunakan Bahasa Iggris sebagai bahasa pengantarnya. Info lengkap bisa di sini. Ketika mengunjungi booth, salah satu staf kedutaan menginfokan website ini untuk informasi yang legkap mengenai kampus dan jurusan. 
  • Spanyol
Jika ingin belajar mengenai hubungan internasional atau diplomatic school maka Spanyol-lah tujuannya. Selain itu Spanyol juga bagus dalam kategori tourism. Info lengkap bisa di akses di sini.
  • Uni Eropa-Erasmus
Dulunya beasiswa ini bernama Erasmus Mundus namun programnya sudah selesai ketika tahun 2013 dan namanya berganti menjadi Erasmus+. Apa yang membuat program beasiswa ini berbeda? Kita memilih program yang spesifik bukan universitas tujuan. Program yang dipilih biasanya dapat ditempu dibeberapa universitas berbeda. Programnya dibedakan action 1 dan action 2. Untuk master degree diaction 1 bisa akses melalui link ini dan yang action 2 di sini. Apa yang membedakan action 1 dan 2? Yang 1 merupakan kuliah dengan berpindah-pindah tempat dan yang 2 itu tidak pindah-pindah. Kalau aku salah dikoreksi ya, maklum acara paling terakhir sudah gontai dan lelah :)

Deadline nya sekitar bulan September sampai Desember untuk proses pendaftaran. Seleksi dimulai bulan Januari hingga Maret dan pengumumannya di bulan April-Juni. Awardee akan berangkat di bulan Agustus dan September. Berkas sudah siap? langsung apply ya! Pesan dari hampir semua pemateri adalah "JANGAN SUBMIT DATA ATAU APLIKASI MEPET SAMA WAKTU TERAKHIR KARENA BIKIN SERVER LEMOT".

Ya, itulah rangkuman singkat dari acara Sholarship Day 2015. Semoga bermanfaat ya sahabat blog.

Comments

Popular posts from this blog

Privat les IELTS di Pare

1 Tahun di Eropa

Mudahnya Pinjam Buku di Denmark